Langsung ke konten utama

Gunung Berapi yang Aktif di Eropa





Menurut Program Vulkanisme Global Smithsonian Institution, sebuah gunung berapi disebut 'aktif' ketika telah meletus dalam 10.000 tahun terakhir.
Gunung berapi adalah demonstrasi kekuatan yang tak terbantahkan dan tidak dapat diprediksi, yang dapat merusak sekaligus bersifat konstruktif. Menurut ahli geologi, gunung berapi dapat digolongkan aktif, punah, dan tidak aktif (atau 'tidur'). Asosiasi Vulkanologi dan Kimia Bagian Bumi (IAVCEI) mengidentifikasi 16 gunung berapi aktif di seluruh dunia, yang disebut sebagai Decade Volcanoes karena aktivitasnya yang berbahaya, yang merupakan ancaman konstan bagi penduduk yang tinggal di dekat gunung berapi ini. Dari 16 gunung berapi tersebut, empat di antaranya berada di Eropa.

Alasan di balik aktivitas vulkanik Eropa adalah karena terletak di antara lempeng Eurasia dan lempeng Afrika. Empat Dekade Volcano yang berlokasi di Eropa adalah Mt. Etna dan Vesuvius di Italia, Santorini di Yunani, dan Teide di Kepulauan Canary.

Seiring dengan empat Dekade Volcano di Eropa, kita juga akan melihat gunung berapi aktif lainnya yang berada di sana; Yang pertama di antara semua gunung berapi yang menjadi Eyjafjallajökull, karena letusan terakhir yang tercatat terjadi di tahun 2010.

Gunung Berapi Aktif Hadir di Eropa
Berikut ini adalah daftar gunung berapi aktif yang terkumpul di Eropa.

Eyjafjallajökull, Islandia

Eyjafjallajökull adalah gletser terbesar keenam di Islandia dimana tutup esnya meliputi area seluas sekitar 100 kilometer persegi. Ini mencakup kaldera vulkanik, yang memiliki ketinggian puncak 1.666 meter (5.466 kaki). Gunung berapi adalah gunung stratovolcano.

Selama letusan antara 1812 dan 1823, itu menyebabkan ledakan danau glasial. Gunung berapi baru-baru ini meletus dua kali pada bulan Maret dan April 2010. Letusan pertama di bulan Maret menyebabkan evakuasi singkat 500 penduduk setempat. Letusan yang terjadi pada 14 April lebih dahsyat daripada letusan sebelumnya dan memiliki efek besar, menghasilkan asap asap dan debu dalam jumlah besar, yang mempengaruhi lalu lintas udara di seluruh Eropa.

Gunung Etna, Italia

Secara etimologis, kata Etna berarti sebuah gunung. Gunung Etna, naik di atas pantai laut Sisilia di Italia, pada dasarnya adalah sebuah stratovolcano yang juga disebut gunung api komposit. Gunung berapi ini tinggi, kerucut, dan memiliki sejumlah lapisan tephra (bahan terfragmentasi yang dihasilkan oleh letusan gunung berapi, terlepas dari komposisi atau fragmennya), lahar, dan abu vulkanik. Dengan ketinggian 3.329 meter (10.922 kaki), Etna ditandai dengan letusan berkala dan eksplosif.

Dalam dasawarsa terakhir, terjadi letusan pada tanggal 13 Mei 2008. Letusan ini disertai oleh serangkaian gempa bumi, yang selanjutnya merusak daerah puncak. Aktivitas kecil juga dilaporkan terjadi pada Januari 2010, dimana hanya ada sedikit aliran abu dan tidak ada debit lava.

Melalui Januari 2011-Februari 2012, Mt. Etna adalah tempat aktivitas yang intens. Karena seringnya letusan, bandara Catania terpaksa tutup beberapa kali. Baru-baru ini, pada tanggal 11 April 2013, gunung ini membersihkan asap selama erupsi gunung berapi di pulau Sisilia Italia.

Santorini, Yunani

Meliputi area seluas 90,69 km2 (35 sq mi), Santorini adalah sebuah cluster kecil yang melingkar atau kumpulan pulau vulkanik yang terletak di Laut Aegea selatan, sekitar 200 km tenggara dari daratan Yunani. Hal ini pada dasarnya terdiri dari sisa-sisa letusan gunung berapi yang besar, yang menghancurkan permukiman di tempat yang sebelumnya merupakan pulau tunggal. Hal ini menyebabkan terbentuknya kaldera vulkanik saat ini, yang panjangnya sekitar 500 km dan lebar 20-40 km.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 1950. Santorini juga dilanda gempa dahsyat pada tahun 1956. Dua belas letusan telah tercatat sampai tanggal dengan yang utama adalah letusan Minoan. Guncangan kecil dilaporkan terjadi pada 2011 dan 2012, namun untungnya, mereka tidak diikuti aktivitas vulkanik.




Gunung Teide, Spanyol

Gunung Teide, dikelilingi oleh Taman Nasional Teide, memiliki puncak 3.718 m (12.198 kaki), yang menjadikannya titik tertinggi di Spanyol dan juga titik tertinggi di atas permukaan laut di antara pulau-pulau di Atlantik. Gunung Teide adalah gunung berapi tertinggi ketiga di dunia.

Gunung Teide adalah gunung stratovol di pulau Canary dan memiliki formasi kaldera di sekitar lubangnya. Letusan terakhirnya berasal dari tahun 1909 dari lubang El Chinyero (celah barat laut Santiago). Letusannya begitu besar sehingga mempengaruhi kota-kota di Icod de los Vinos, Garachico, Puerto de la Cruz, Teide, Pico Viejo, dan Montaña Blanca.

Letusan terakhir terjadi pada tahun 1909. Pada tahun 2003, terjadi peningkatan aktivitas seismik. Namun, tidak ada letusan yang mengikuti aktivitas tersebut.

Gunung Vesuvius, Italia

Gunung Vesuvius dibentuk oleh tabrakan lempeng tektonik Afrika dan Eurasia. Terletak di pantai Teluk Napoli, sekitar 9 kilometer timur Napoli dan tidak jauh dari pantai. Memiliki ketinggian 1.281 meter (4.203 kaki). Letusannya yang paling terkenal menyebabkan penghancuran kota-kota Romawi Herculaneum dan Pompeii pada tahun 79 Masehi. Letusan tersebut dikatakan telah merenggut nyawa sekitar 10.000 hingga 25.000 orang. Ini adalah salah satu gunung berapi aktif yang paling mematikan.

Gunung Erupsi Vesuvius menyelimuti seluruh Eropa selatan oleh abu dalam letusan sebelumnya. Letusan yang tercatat terakhir terjadi pada tahun 1944. Jika terjadi letusan dari Vesuvius, jutaan orang dapat terkena dampaknya. Jadi, sebuah rencana telah dirumuskan untuk evakuasi masyarakat yang terkena dampak gunung berapi ini. Saat ini, tidak ada tanda-tanda aktivitas vulkanik apapun.

Gunung Stromboli, Italia

Letaknya di sebuah pulau kecil di lepas pantai utara Sisilia. Naik hampir 2.000 meter dari dasar samudra dengan ketinggian 924 meter (3.031 kaki), terus-menerus meletus selama hampir 2.000 tahun terakhir. Ketika sebuah gunung berapi meledakkan gumpalan lahar panas, gas, dan batuan di busur dari lubangnya, ini disebut erupsi strombolian, yang dinamai karena gunung berapi ini. Gunung berapi ini bisa dilihat paling baik di malam hari, saat potongan lahar dilempar keluar, sehingga membentuk busur merah terang di langit.

Letusan terbesar terjadi pada tahun 1930, yang mengakibatkan empat kematian. Letusan lain terjadi pada tahun 2002. Letusan ini menyebabkan longsor dan arus keluar lahar di blok besar. Sebuah aktivitas vulkanik kecil disaksikan pada tahun 2007. Setelah itu, Stromboli batuk batuan cair, namun tidak ada aktivitas vulkanik yang disaksikan. Baru-baru ini, pada bulan Februari 2013, Mt. Stromboli menghasilkan aliran keluar lahar kecil dari teras kawahnya. Ini diikuti oleh episode serupa di bulan Maret 2013, setelah itu berakhir.

Gunung Hekla, Islandia

Juga disebut sebagai Gateway to Hell, Gunung Hekla terletak di selatan Islandia. Memiliki ketinggian 1.488 meter (4.882 kaki). Ini adalah stratovolcano lain dan yang paling aktif di selatan Islandia. Menariknya, Hekla adalah bagian dari punggungan vulkanik, yang panjangnya 40 km. Sebuah celah sekitar 5,5 km, bernama Heklugja, adalah bagian paling aktif dari punggungan ini. Letusan terakhir terjadi pada tahun 2000. Letusannya sering terjadi, dan berlangsung dari tanggal 26 Februari sampai 8 Maret.

Pada bulan Januari 2010, laporan mengatakan bahwa ada tambalan di dekat puncak dimana tidak ada salju yang diendapkan. Aktivitas lava juga dilaporkan telah mencapai tingkat tekanan yang serupa dengan yang sebelum terjadi letusan. Namun, tidak terjadi letusan.

La Palma, Spanyol

Terbentuk sebagai gunung berapi karena aktivitas vulkanik kapal selam, La Palma adalah kepulauan vulkanik yang terletak di Kepulauan Canary. Ini mencakup area seluas 706 km2 (272,6 sq mi) dan secara vulkanik paling aktif di antara yang lainnya di Kepulauan Canary. Ini adalah pulau terbesar kelima di antara tujuh pulau utama di Canary.

Letusan pertama diperkirakan terjadi setengah juta tahun yang lalu yang membentuk Caldera de Taburiente. Letusan terakhir yang tercatat terjadi pada tahun 1971 dari tanggal 26 Oktober sampai 28 November. Letusan tersebut menyebabkan kerusakan lahan dan properti yang meluas di sekitar kedekatannya.

Timanfaya, Spanyol

Timanfaya adalah Taman Nasional yang terletak di antara beberapa bagian Tinajo dan Yaiza di Spanyol, yang meliputi area seluas 51,07 km2 (19,72 sq mi). Tanah taman itu terbuat dari tanah vulkanik. Kawasan tersebut, melalui sebuah keputusan pada tanggal 9 Agustus 1974, telah terlindungi dengan baik karena nilai dan kepentingan ekologisnya.

Daerah ini sebagian besar aktif ketika datang ke letusan gunung berapi. Dua letusan besar yang menyebabkan banyak kerusakan terjadi pada tahun 1730 dan 1736. Letusan terakhir yang tercatat adalah pada tanggal 16 April 1736. Letusan tersebut menyebabkan penduduk yang tinggal di dekat mengevakuasi rumah mereka lebih dari sekali, karena seluruh pulau ditutupi asap dan Awan abu Suhu inti teras naik dengan cepat, yang kemudian terbentuk menjadi geyser. Formasi geyser sekarang menarik wisatawan dari berbagai belahan dunia.

Gunung Berapi Aktif lainnya

♦ Armenia
Gunung Aragat
Dar Alages
Gegm
Porak
Tskhouk-Karckar

♦ Italia
Gunung Amiata
Campi Flegrei
Ischia
Monte Albano
vulsini

♦ Jerman
Kaiserstuhl
Laacher See

♦ Turki
Gunung Ararat
Acıgöl-Nevsehir
Akyarlar
Gunung Erciyes
Girekol
Göllü Pegunungan
Hasan Gunung
montenegro
Karapinar
Khan Pegunungan
Kars
termasuk
yang Koruhüyüg
Gunung Nemrut
Gunung berapi
Gunung Suphan
Gunung Tendürek

♦ Yunani
Columbus
Methana
Milos
Nisyros
Sousaki

♦ Rusia
Volcano Avachinsky, Kamchatka
Bezymianny Volcano, Kamchatka
Gunung berapi Karymsky, Kamchatka
Klyuchevskoy Volcano, Kamchatka

Tampaknya inti dalam bumi bahkan setelah miliaran tahun pembentukannya masih sangat panas dan memiliki lava cair dan bahan kimia lainnya di dalamnya. Gunung berapi mungkin adalah katup pengaman bumi karena memungkinkan Bumi melepaskan tekanannya melalui lava cair panas. Merusak seperti yang terlihat, tapi mereka adalah kekuatan tertentu dari alam yang tidak dapat dihindari. Mungkin, mereka membiarkan Ibu Pertiwi mendidih untuk melepaskan sebagian kemarahannya.

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Rencana Makan untuk Diet dengan Pergeseran Kalori

rencana makan dengan transisi ke kalori adalah seperti cara yang sulit untuk makan, tapi dalam artikel ini saya akan memecah, apa perubahan kalori, mengapa dan bagaimana cara kerjanya, dan menyampaikan rencana untuk menggeser kalori sampel makanan. rencana gizi contoh: Hari 1: 10:00 1 apel dipotong-potong 0,5 cangkir panggang kacang mete tawar [* FR1] lemak bebas lemak keju cottage 13:30 seperempat pon daging panggang dapat tuna dikombinasikan dengan beberapa mayo brokoli kukus / zucchini / tumbuk diet bisa rootbeer 17:30 Jeruk Fried daging sapi segar dengan lemon merica dan peterseli [* FR3] cangkir kenari tawar 20:30 Sepuluh udang kecil dengan lemon dan saus koktail 4 iris Inggris keju cheddar [* FR3] cangkir kacang pinto Hari 2: 10:00. Sandwich Beef: 2 iris roti gandum, rumah cincang panggang (3 ons), tomat, selada, bawang putih manis, satu meja mayones palsu dengan kadar lemak rendah. Satu root root pada setiap saat sepanjang hari, kecuali pada malam

Apa yang menyebabkan gunung berapi meletus?

Apa gambar pertama yang terlintas di benak Anda saat Anda mendengar tentang letusan gunung berapi? Kurasa, itu akan menjadi gambar lava merah oranye yang memuntahkan dari puncak gunung berbentuk kerucut raksasa, di tengah lautan. Tampilan warna dan cahaya yang menakjubkan, meski menawan, adalah alat alam yang paling biadab. Namun, tertarik oleh tanah subur dan kaya mineral, manusia telah menetap dekat gunung berapi dan telah menjadikannya bagian dari kehidupan, budaya dan agama mereka. Ada banyak cerita mitos yang menjelaskan formasi dan penyebab erupsi mereka. Tapi, untuk memahami alasan ilmiah dibalik fenomena ini, mari kita mulai dengan dasar-dasarnya. Sebuah gunung berapi pada dasarnya adalah ventilasi yang darinya, magma, gas, dan abu vulkanik melayang ke permukaan bumi, melalui kesalahan di kerak bumi. Mereka mungkin meledak dengan hebat seperti Krakatau pada tahun 1883, atau hanya mengeluarkan lava seperti gunung berapi Kilauea. Terbentuk sebagai hasil lempeng tek